1. Tujuan
2. Alat
Adobe Flash Professional CS3+
3. Bahan
Gambar referensi berisi salah satu karakter animasi yang
populer misalnya naruto.
4. Dasar Teori
Secara prinsip, ada minimal 4 konsep yang perlu dipenuhi,
antara lain:
- Pose
- Timing
- Inbetween
- Arcs
Secara teknis, adobe flash memiliki fitur untuk inbetween
otomatis yang disebut dengan Tween
5. Tugas Praktikum
Buatlah walk cycle dari naruto dengan menggunakan bantuan
Classic Tween
6. Petunjuk Praktikum
Berikut adalah langkah-langkah membuat walk cycle untuk
kaki:
a. Pecah kaki naruto menjadi 4 Graphic Symbol yang mewakili
kaki bagian atas dan bawah untuk bagian kiri dan kanan
b. Gunakan symbol tersebut untuk membuat contact position pada
frame ke 1
c. Gunakan transform tool (Q) untuk mengatur pivot dari
masing-masing symbol. Dimana pivot kaki bagian atas terletak pada pinggul dan
pivot kaki bagian bawah terletak pada lutut
d. Buat keyframe (F6) pada frame ke 9. Buat contact position
kebalikan dari frame ke 1
e. Copy contact position pada frame 1 ke frame ke 17
f. Klik kanan pada timeline diantara frame 1 dan 9 kemudian
pilih menu “Create Classic Tween”
g. Klik kanan pada timeline diantara frame 9 dan 17 kemudian
pilih menu “Create Classic Tween”
h. Uji animasi yang dibuat dengan menekan tombol Ctrl+Enter.
Jika menghasilkan animasi kaki sliding seperti di danau es, maka lanjutkan ke
langkah berikutnya. Jika tidak, perbaiki dulu animasinya.
i. Buat keyframe (F6) pada frame ke 5 dan 13. Buatlah passing
position pada frame tersebut.
j. Jika semua berjalan lancar, maka akan diperoleh good enough
walk cycle.
untuk memperhalus animasinya, dapat dilanjutkan dengan
menambahkan gambar lutut dan menambahkan pose down dan up.
7. Hasil Praktikum
8. Kesimpulan
Dalam Praktikum kali ini proses yang saya jalani sedikit ada kendala. Mungkin karena ada pose yang kurang sehingga ayunan kaki nya aneh. Untuk badan dan tangan memang belum ada perubahan.
9. Referensi
Josiah
Brooks, How To Animate – Walk Cycle (Tweened)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar