1. Tujuan
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Secondary Assets dan Movement. Pada praktikum ini, penambahan movement diperdetail dengan menggunakan F-Curves.
2. Alat
Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
3. Bahan
Hasil praktikum sebelumnya
Asset sekunder download
4. Dasar Teori
Fungsi dari secondary assets adalah sebagai objek animasi tambahan untuk mengelilingi logo(objek utama) agar terlihat lebih bagus.
Untuk fungsi F-curves sendiri adalah untuk mengatur bagaimana kecepatan animasi yang telah dibuat. Kurva-kurva itu mewakili masing-masing satu objek yang digerakkan.
5. Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:
1. Tambahkan secondary Assets yang tersedia
2. Tambahkan kompleksitas gerakan pada asset utama (logo)
3. Haluskan gerakannya menggunakan F-Curves
6. Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
Menambahkan secondary assets menggunakan cloner dan helix path
Menambahkan kompleksitas gerakan assets utama (logo)
Memperhalus gerakan menggunakan F-Curves
7. Hasil Praktikum
Ini adalah hasil dari Praktikum ke-3
8. Kesimpulan
Pada praktikum kali ini kesulitannya adalah ketika membuat helix yang akhirnya keluar dari frame, karena butuh ketelatenan untuk mengaturnya. Untuk mengatur setiap animasi pada hurufnya pun juga butuh ketelatenan namun menyenangkan. Untuk solusi dari itu semua memang butuh kesabaran dan ketelatenan untuk mengerjakannya.
9. Referensi
Logo Animation in Cinema 4D and After Effects
Tidak ada komentar:
Posting Komentar