Kamis, 03 September 2015

Praktikum 1 : Mengenal Tampilan Adobe Flash Professional

1. Tujuan
Praktikum kali ini bertujuan untuk mengenal tampilan Adobe Flash Professional CS6

2. Dasar teori
      Adobe Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh Adobe dan program aplikasi standar authoring tool professional yang digunakan untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik untuk keperluan pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis.
Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan yang lainnya. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya.


      Dalam Flash, terdapat teknik-teknik membuat animasi, fasilitas action script, filter, custom easing dan dapat memasukkan video lengkap dengan fasilitas playback FLV. Keunggulan yang dimiliki oleh Flash ini adalah ia mampu diberikan sedikit code pemograman baik yang berjalan sendiri untuk mengatur animasi yang ada didalamnya atau digunakan untuk berkomunikasi dengan program lain seperti HTML, PHP, dan Database dengan pendekatan XML, dapat dikolaborasikan dengan web, karena mempunyai keunggulan antara lain kecil dalam ukuran file outputnya.



3. Tugas Praktikum
Identifikasi masing-masing bagian user interface berikut
Tampilan Adobe Flash Professional CS 6

4. Hasil Praktikum


Interface Adobe Flash Professional CS 6




1. Name Panel                         : Merupakan panel yang berisi nama projek yang sedang kita buka.

2. Essential Panel                    : Merupakan panel yang berfungsi untuk merubah layout interface Adobe Flash.

3. Edit Bar                               : Bar yang menampilkan informasi dari stage.

4. Panel Properties & Library : Panel properties merupakan tempat untuk mengatur objek- objek yang digunakan pada pembuatan animasi. Panel ini akan berubah dengan sendirinya sesuai dengan objek yang dipilih. Jika Panel library, fungsinya adalah tempat menyimpan aset-aset yang digunakan dalam pembuatan animasi seperti gambar, audio, video, dan sebagainya.

5. Stage                                   : Merupakan area atau lembar yang dapat digunakan untuk menggambar, meletakkan objek dalam pembuatan animasi.

6. Additional Panel                 : Panel yang menunjukkan fungsi – fungsi yang lain, diantaranya berisi fungsi Color & Swatch, Align, Info, Transform, Code Snippets, Component, Motion Preset, dan Projects.

7. Properties & Library Inspector : Panel yang berisi informasi dari panel Properties & Library

8. Toolbox                                      : Merupakan kumpulan alat yang nantinya digunakan untuk membuat animasi.

9. Timeline                                    : Merupakan area yang digunakan untuk mengontrol animasi, diantaranya menambahkan transisi maupun elemen yang akan digunakan.



5. Kesimpulan
Kesimpulan dari praktikum kali ini adalah saya dapat lebih tau lagi tentang UI (User Interface) yang ada di Adobe Flash Professional CS 6.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar