Sabtu, 26 Desember 2015

Praktikum 15 : Animasi Menggunakan Programming

1. Tujuan
Mengenal bentuk lain pembuatan animasi. Yaitu pembuatan animasi menggunakan programming.

2. Alat
Adobe Flash Professional CS3+
(diuji di Flash CC)

3. Bahan
Flint Particle Engine
Download file tersebut kemudian extract. Ambil file “Flint2d_4.0.1.swc”


4. Dasar Teori
Membuat animasi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menggunakan programming. Salah satu bentuk programming untuk membuat animasi adalah Particle System.

5. Tugas Praktikum
Lakukan petunjuk praktikum yang diberikan
Ubah posisi dari animasi tersebut
Ubah warna dari animasi tersebut
Ubah radius dari animasi tersebut
Ubah posisi animasi tersebut setiap kali muncul

6. Petunjuk Praktikum
Buat project ActionScript 3

Buka action window dengan menekan tombol “actions” pada panel di sebelah kanan
 

  • Salin kode berikut pada “actions” window 
import org.flintparticles.common.actions.*;
import org.flintparticles.common.counters.*;
import org.flintparticles.common.displayObjects.Dot;
import org.flintparticles.common.easing.Quadratic;
import org.flintparticles.common.events.EmitterEvent;
import org.flintparticles.common.initializers.*;
import org.flintparticles.twoD.actions.*;
import org.flintparticles.twoD.emitters.Emitter2D;
import org.flintparticles.twoD.initializers.*;
import org.flintparticles.twoD.renderers.*;
import org.flintparticles.twoD.zones.*;

var emitter:Emitter2D = new Emitter2D();
emitter.counter = new Blast( 700 );
emitter.addInitializer( new SharedImage( new Dot( 2 ) ) );
emitter.addInitializer( new ColorInit( 0xFFFFFF00, 0xFFFF6600 ) );
emitter.addInitializer( new Velocity( new DiscZone( new Point( 0, 0 ), 200, 120 ) ) );
emitter.addInitializer( new Lifetime( 5 ) );
emitter.addAction( new Age( Quadratic.easeIn ) );
emitter.addAction( new Move() );
emitter.addAction( new Fade() );
emitter.addAction( new Accelerate( 0, 50 ) );
emitter.addAction( new LinearDrag( 0.5 ) );

emitter.addEventListener( EmitterEvent.EMITTER_EMPTY, restart, false, 0, true );
var renderer:BitmapRenderer = new BitmapRenderer( new Rectangle( 0, 0, 500, 400 ) );
renderer.addFilter( new BlurFilter( 2, 2, 1 ) );
renderer.addFilter( new ColorMatrixFilter( [ 1,0,0,0,0,0,1,0,0,0,0,0,1,0,0,0,0,0,0.95,0 ] ) );
renderer.addEmitter( emitter );
addChild( renderer );

emitter.x = 250;
emitter.y = 150;
emitter.start();
function restart( ev:EmitterEvent ):void
{
Emitter2D( ev.target ).start();
}

  • Copy kan script diatas ke dalam “actions” window
  • Buka “ActionScript Setting” 
  • Pilih tab “Library Path” klik icon “Browse to SWC”
  • Pilih file swc “Flint2d_4.0.1.swc” 
  • Pastikan file swc tersebut muncul pada daftar 
  • Tekan “OK” kemudian jalankan movie-nya (Test Movie, Ctrl + Enter) 
7. Hasil Praktikum


8. Kesimpulan
Sebenarnya praktikum dengan script seperti ini cukup mudah, namun jika disuruh buid script dari awal saya tidak tahu lagi tingkat kesusahannya seberapa. Terkadang dalam script salah inputan sedikit saja bisa fattal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar