1. Tujuan
Perkenalan dengan dunia 3D melalui pembuatan animasi object berputar 360 derajat atau disebut juga turn table animation.
4. Dasar Teori
Tracing adalah teknik menggambar ulang mengikuti objek yang sudah ada. Bisa dibilang ini adalah kegiatan membuat outline megikuti gambar atau objek yang sudah ada.
Untuk perbedaan membuat animasi di Flash dengan Cinema 4D yang pertama adalah workspace nya, di Flash hanya terpapar satu stage karena memang Flash digunakan hanya untuk membuat animasi 2D yang hanya bisa dilihat dari satu arah. Sedangkan di Cinema 4D workspace nya bisa dibagi menjadi 3 sampai 4 cendela. Sebenarnya dalam membuat animasi 2D dan 3D mempunyai tingkat kerumitan masing - masing, jadi saya tidak bisa membuat tolak ukur hanya dengan melihat satu sisi.
5. Tugas Praktikum
Buatlah animasi 360 dari logo favorit kalian
6. Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
1. Tracing Logo menggunakan Illustrator
2. Membuat logo 3D menggunakan Cinema 4D dari file illustrator
3. Membuat animasi 360 derajat
4. Merender animasi ke dalam file movie (mp4)
7. Hasil Praktikum
Proses Pembuatan
Logo 360
8. Kesimpulan
Alhamdulillah saya mendapatkan pelajaran baru, karena saya pada awalnya belum pernah menggunakan CINEMA 4D. Menggunakan aplikasi ini ternyata cukup mudah, tidak perlu terlalu rumit dan cetak birunya pun bisa dibuat di Illustrator.
Alhamdulillah saya mendapatkan pelajaran baru, karena saya pada awalnya belum pernah menggunakan CINEMA 4D. Menggunakan aplikasi ini ternyata cukup mudah, tidak perlu terlalu rumit dan cetak birunya pun bisa dibuat di Illustrator.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar