Minggu, 06 Maret 2016

Praktikum 01 – Logo 3D 360 (Turn Table Animation)


1. Tujuan
Perkenalan dengan dunia 3D melalui pembuatan animasi object berputar 360 derajat atau disebut juga turn table animation.

2. Alat

Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler

3. Bahan
Logo PENS. Silahkan download dari pedoman identitas PENS


4. Dasar Teori
Animasi 2D adalah animasi yang mempunyai ukuran panjang (X-axis) dan ( Y-axis). Disebut animasi 2 dimensi karena dibuat melalui sketsa yang yang digerakan satu persatu sehingga nampak seperti nyata dan bergerak. Animasi 2D hanya bisa dilihat dari depan saja. Objek dalam gambar bisa berupa tulisan, bentuk benda, warna dan spesial efek. Sedangkan aimasi 3D adalah animasi yang mempunyai ukuran (X-axis), (Y-axis) dan (Z-axis). Berbeda dengan animasi 2D yang hanya bisa dilihat dari depan saja, animasi 3D bisa dilihat tampak atas, bawah dan sampingnya. Karakter dan Objek yang diperlihatkan pun semakin nyata dalam animasi 3D ini.

Tracing adalah teknik menggambar ulang mengikuti objek yang sudah ada. Bisa dibilang ini adalah kegiatan membuat outline megikuti gambar atau objek yang sudah ada.


Untuk perbedaan membuat animasi di Flash dengan Cinema 4D yang pertama adalah workspace nya, di Flash hanya terpapar satu stage karena memang Flash digunakan hanya untuk membuat animasi 2D yang hanya bisa dilihat dari satu arah. Sedangkan di Cinema 4D workspace nya bisa dibagi menjadi 3 sampai 4 cendela. Sebenarnya dalam membuat animasi 2D dan 3D mempunyai tingkat kerumitan masing - masing, jadi saya tidak bisa membuat tolak ukur hanya dengan melihat satu sisi.

5. Tugas Praktikum
Buatlah animasi 360 dari logo favorit kalian

6. Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum

1. Tracing Logo menggunakan Illustrator



2. Membuat logo 3D menggunakan Cinema 4D dari file illustrator


3. Membuat animasi 360 derajat


4. Merender animasi ke dalam file movie (mp4)






7. Hasil Praktikum


Proses Pembuatan



Logo 360



8. Kesimpulan
Alhamdulillah saya mendapatkan pelajaran baru, karena saya pada awalnya belum pernah menggunakan CINEMA 4D. Menggunakan aplikasi ini ternyata cukup mudah, tidak perlu terlalu rumit dan cetak birunya pun bisa dibuat di Illustrator.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar