Sabtu, 12 Maret 2016

Praktikum 02 – Camera Path, Lighting, and Material


1. Tujuan
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, Material. Camera path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light.


2. Alat
Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler

3. Bahan
Hasil praktikum sebelumnya


4. Dasar Teori

Saya rasa antara Motion Guide (Flash) dan Camera Path (Cinema 4D) tidak ada perbedaan yang berarti, dikarenakan fungsi keduanya adalah untuk membuat objek yang diinginkan bergerak mengikuti garis yang telah dibuat. Mungkin perbedaannya hanya pada objek saja. Jika Motion Guide objek yang diinginkan yang digerakkan, kalau di Camera Path adalah kamera yang digerakkan untuk menyorot objeknya.

Untuk Physical Sky sendiri adalah background yang digunakan untuk membantu workspace agar lebih terlihat nyata, dan untuk Area Light digunakan untuk memberikan pencahayaan di workspace juga, namun ini hanya berupa lampu untuk menerangi, bukan memberikan efek suasana sekitar seperti Physical Sky. Di Physical Sky sendiri akan memberikan efek suasana di pagi hari, sore hari bahkan malam hari. Hanya atur tanggal dan waktunya maka akan mendapatkan efek suasana yang diinginkan.

Material adalah bahan untuk memberikan tekstur ke objek 3D yang telah dibuat, material juga dapat diatur sedemikian rupa dari warna hingga refleksinya. Atur saja sesuai kebutuhan dan keinginan.


5. Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, tambahkan:
Pergerakan kamera menggunakan teknik camera path
Lighting sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light


6. Petunjuk Praktikum

a. Pergerakan camera menggunakan Camera Path, lebih spesifik lagi disebut dengan spline.





b. Menambahkan Lighting menggunakan Physical Sky





c. Menambahkan Lighting menggunakan Area Light





d. Menambahkan Material






7. Hasil Praktikum


Screen Record


Hasil jadi logo 360 derajat dengan material dan background


8. Kesimpulan
Ketika mengatur kamera hasil yang ditampilkan tidak lah sesuai dengan yang diinginkan, namun ternyata itu semua karena kesalahan mengatur Arcsnya, dan setelah sedikit diutak atik Arcs dan Cameranya akhirnya mendapat posisi yang dingginkan.


9. Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar