Sabtu, 26 Maret 2016

Praktikum 03 – Secondary Assets, Logo Movement, and F-Curves


1. Tujuan
    Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Secondary Assets dan Movement. Pada praktikum ini, penambahan movement diperdetail dengan menggunakan F-Curves.

2. Alat
    Adobe Illustrator CC
    Maxon Cinema 4D R16

3. Bahan
    Hasil praktikum sebelumnya
    Asset sekunder download


4. Dasar Teori
    Fungsi dari secondary assets adalah sebagai objek animasi tambahan untuk mengelilingi logo(objek utama) agar terlihat lebih bagus.

    Untuk fungsi F-curves sendiri adalah untuk mengatur bagaimana kecepatan animasi yang telah dibuat. Kurva-kurva itu mewakili masing-masing satu objek yang digerakkan. 

5. Tugas Praktikum
    Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:
    1. Tambahkan secondary Assets yang tersedia
    2. Tambahkan kompleksitas gerakan pada asset utama (logo)
    3. Haluskan gerakannya menggunakan F-Curves

6. Petunjuk Praktikum
    Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum

Menambahkan secondary assets menggunakan cloner dan helix path



Menambahkan kompleksitas gerakan assets utama (logo)



Memperhalus gerakan menggunakan F-Curves




7. Hasil Praktikum

Ini adalah hasil dari Praktikum ke-3



8. Kesimpulan
    Pada praktikum kali ini kesulitannya adalah ketika membuat helix yang akhirnya keluar dari frame, karena butuh ketelatenan untuk mengaturnya. Untuk mengatur setiap animasi pada hurufnya pun juga butuh ketelatenan namun menyenangkan. Untuk solusi dari itu semua memang butuh kesabaran dan ketelatenan untuk mengerjakannya.


9. Referensi
    Logo Animation in Cinema 4D and After Effects

Tidak ada komentar:

Posting Komentar