Kamis, 12 Mei 2016

Praktikum 09 : Membuat Aset Sekunder (Capsule)

1. Tujuan
Praktikum ini bertujuan untuk mengenal teknik 3D modeling yaitu Polygon Modeling.

2. Alat
Cinema 4D R16

3. Bahan
tanpa bahan

4. Dasar Teori
    Polygonal modeling merupakan modeling yang terdiri dari vertices (vertex/titik), yang jika disambungkan akan membentuk sebuah edge (garis), sehingga jika disambungkan dengan edge lain dapat membentuk sebuah bidang.

    Subdivision Surface adalah metode untuk membuat permukaan objek menjadi halus melalui proses yang berawal dari permukaan yang kasar. Proses modeling ini menggunakan teknik memahat. Karena proses/hasil dari teknik ini menyerupai memahat atau pahatan.


    Smooth Shift Tools adalah sebuah alat untuk membantu Subdivision Surface dalam bertugas. Tools ini akan membuat objek terlihat lebih halus namun tidak menghilangkan kesan kaku saat di render.

5. Tugas Praktikum
Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan

6. Petunjuk Praktikum

Target Aset yang akan dibuat



Membuat bentuk polygon dasar



Memperhalus bentuk menggunakan subdivision surface




7. Hasil Praktikum



8. Kesimpulan
Kesulitan yang dialami ketika menyeleksi bagian bagian tertentu menggunakan Shortcut Keyboard. Karena belum mengetahui dan belum terbiasa maka banyak kesalahan yang dialami. Oleh karena itu hasil dari video praktikum banyak kesalahan dan hasil yang dihaasilkan kurang halus dan terkesn masih kaku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar